SELAMAT DATANG DIBLOG SITARAGUYANG MOHON MAAF BLOGNYA MASIH DALAM PERBAIKAN

Selasa, 30 November 2010

Tips Merangsang Pertumbuhan Otak Anak

Sebagian orang tua masih banyak yang tak mengerti bahwa masa yang paling baik untuk membentuk otak anak, adalah mulai usia 0-6 tahun. Masa masa usia yang seperti itu adalah masa masa yang paling tepat dalam membentuk anak. Dengan semakin majunya teknologi sekarang, kita kurang tau kalau peralatan yang kita pakai sehari hari, bisa membahayakan kesehatan anak anak kita. Contoh kecilnya saja seperti Tivi dan Komputer.


Kenapa bisa mengancam dan membahayakan kesehatan anak kita?

Karena sinar biru yang di pancarkan oleh computer dan televisi, memiliki gelombang cahaya yang panjangnya 400-500nm, yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata dan dapat menimbulkan luka foto kimia di retina mata anak anak kita.

Cara mengatasi hal yang seperti itu adalah jangan pernah kita membiarkan anak kita menonton televisi terlalu dekat. Tapi usahakan jarak antara anak kita dengan televisi minimal 3m. Dan usahakan selalu terus memberi nutrisi seperti vitamin A dan lutein. Lutein adalah jenis karotenoid yang berfungsi membantu melindungi mata anak anak yang masih peka dari bahaya sinar biru. Sementara Lutein banyak terdapat pada ASI, sayuran dan buah berwarna kekuningan.

Terus kalau anak kita bertanya sesuatu, tolong di jawab dengan benar dan jangan didiamkan. Biasakanlah anak anak kita itu untuk selalu bertanya, bertanya dan bertanya.

Ciri ciri anak yang cerdas adalah selalu banyak bertanya, dan kalau ada sesuatu bahan yang bisa dia mainkan akan di jadikan sebagai bahan mainan baru dan dia rangkai dalam berbagai bentuk sesuai dengan kehendak hatinya.

Tips merangsang pertumbuhan otak anak adalah:
Ajarkan mereka bahasa yang sopan dan baik.
kalau anak kita melakukan kesalahan, janganlah kita marahin tapi di tegur dengan bahasa yang halus.
Biarkan dia bermain sesuka hatinya didalam ruangan khusus.
Selalu bawa jalan ketempat tempat yang baru, supaya dia bisa melihat hal hal yang baru untuk perkembangan anak.
Biarkanlah anak kita bertanya banyak.
Kita harus mengawasi anak kita dalam bergaul agar tak meniru bahasa kotor dari orang luar atau anak anak nakal.
Jangan pernah memararahi anak atau membentak bentak anak terlalu keras, sebab nanti anak tersebut akan jadi penakut, dan kalau sudah besar akan jadi pelawan, nakal dan bandel.
Jangan pernah kita memukul anak kita di bagian kepala karena akan menggangu perkembangan otak anak tersebut.


Oke semoga tips ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar